Kegiatan DPP

PEMBENTUKAN ORGANISASI INTERNATIONAL ORAL HEALTH ASSOCIATION (IOHA)

Tanggal 6 April 2019 akan tercatat sebagai tanggal bersejarah bagi terapis gigi dan mulut di kawasan Asia Pacific khususnya, karena hari ini ditandatangani kesepakatan bersama antara 5 organisasi profesi dari Australia, Indonesia, Malaysia, New Zealand dan Singapura untuk membentuk organisasi International Oral Health Association (IOHA) sebagai wadah berkumpulnya para dental terapis/ terapis gigi dan mulut di tingkat dunia.

IOHA dibentuk dalam rangka advokasi bersama di level internasional agar profesi terapis gigi dan mulut lebih dikenal dan dapat memberikan kontribusi lebih optimal dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Selanjutnya anggota – anggota IOHA akan saling membantu dalam peningkatan ilmu pengetahuan serta kualitas pelayanan profesi

Penandatangan IOHA Charter dilaksanakan di Kuala Lumpur Malaysia, tepatnya di Berjaya Times Square bersamaan dengan penyelenggaraan 4th Malaysian Dental Therapists’ Scoentific Conference. Pada saat penandatanganan hadir para pejabat Kementerian Kesehatan Malaysia serta undangan lainnya.

Presiden terpilih IOHA, Arish Naresh dari New Zealand dalam sambutannya menyampaikan bahwa IOHA hadir sebagi pembawa suara seluruh terapis gigi dan mulut di kawasan Asia Pasifik dan mudah mudah ke depannya akan meluas sampai ke kawasan lainnya di dunia. Melalui IOHA, Arish berjanji akan menyampaikan suara terapis gigi dan mulut kepada Badan Dunia WHO dan badan lainnya sehingga profesi terapis gigi bisa mendapatkan perhatian yang selayaknya dari pemangku kepentingan, pemerintah dan masyarakat.

Selain itu, Arish menambahkan bahwa kemajuan profesi terapis gigi dan mulut juga tergantung dari para terapis gigi dan mulut sendiri yang wajib untuk terus menerus meningkatkan kualitas pelayanannnya melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan secara berkelanjutan, untuk itu IOHA akan berupaya untuk melaksanakan workshop internasional dalam ruang lingkup keilmuaan dan juga pelayanan profesi, selain itu IOHA juga akan menerbitkan jurnal ilmiah IOHA.

Bagi terapis gigi dan mulut Indonesia IOHA merupakan kesempatan berharga untuk dapat berkiprah lebih baik di tingkat dunia dan pada saat bersamaan dapat belajar dari negara lain dalam pelayanan profesinya. Melalui IOHA majulah terapis gigi dan mulut, melalui IOHA mudah-mudahan tercapai derajat kesehatan gigi dan mulut yang lebih baik

Please follow and like us:
error20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.